LAPORAN
HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI/INSTANSI
(PRAKERIN)
DI HYPEMART PLAZA MADIUN
Disusun
dan diajukan untuk memenuhi persyaratan Ujian
Akhir Sekolah /Ujian Akhir Nasional (UAS/UAN) SMK PSM 1 KEDUNGGALAR
Tahun Pelajaran
2015/2016
DISUSUN OLEH :
Atika Seftiana ( XI PM )
Ayu Anita Putri
( XI PM )
Indri dwi lestari ( XI PM )
putri Ratna Sari ( XI PM )
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK PSM 1 KEDUNGGALAR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Jalan Slamet Riyadi no 56 Kedunggalar Ngawi
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan praktik kerja industri/instansi ini telah disetujui dan
disahkan oleh guru pembimbing sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian
akhir sekolah/ ujian akhir nasional (uas /uan ) tahun pelajaran 2015 /2016 di
smk psm 1 kedunggalar pada :
Hari :
Tanggal :
Bulan :
Tahun :
Laporan ini disetujui oleh :
Store
general manager Pembimbing
Hypermart
plaza Madiun
SMK PSM 1 Kedunggalar
(Rony Hernawan
) (Taufik
Mustofa, S.Pd )
Mengetahui
Kepala SMK PSM 1 Kedunggalar
(Yayuk Anik.Nnurhani’ah,S.Pd, M.Hum )
HALAMAN PERSEMBAHAN
Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada yang
terhormat:
1.Ibu
Yayuk Anik Nurhani’ah, S.Pd, M.Hum, selaku kepala sekolah SMK PSM 1 Kedunggalar
2.Bapak
Rony Hernawan, selaku Store General Manager Hypermart Plaza Madiun
3.Bapak
Taufik Mustofa S.Pd, selaku pembimbing SMK PSM 1 Kedunggalar
4.Bapak
Philip Sumardi, selaku Departemen Manager Front End
5.Bapak
Eko Prasetyo Putra, selaku Departemen Manager Bazar
6.Ibu Suci Handayani, selaku Departemen Manager
Softline
7.Seluruh
Staff / Pegawai Hypermart Plaza Madiun yang telah membantu dan membimbing kami
di tempat Prakerin
8.Kedua
Orang Tua kami yang telah merawat, mensuport, dan membiayai kami dalam
melaksanakan Prakerin
9.Semua
pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini, yang tidak dapat
kami sebutkan satu persatu tanpa terkecuali
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum
Wr.Wb
Syukur alhamdullilah
kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik,
hidayah serta inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan prakerin
ini, yang pelaksanaan dimulai pada tanggal 01 Februari sampai 30 April 2015 di
Hypermart Plaza Madiun dengan lancar.
Laporan Prakerin ini disusun dan diajukan untuk memenuhi
persyaratan dalam menempuh Ujian Akhir Semester / Ujian Akhir Nasional (UAS /
UAN) di SMK PSM 1 Kedunggalar Tahun Pelajaran 2015 / 2016.
Laporan ini tidak akan terlaksana sesuai dengan harapan kami, tanpa
adanya pengarahan, bimbingan serta bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu
kami ucapkan terima kasih.
Harapan kami semoga
laporan Prakerin ini dapat bermanfaat bagi adik-adik maupun kakak-kakak SMK PSM
1 Kedunggalar.Kami menyadari bahwa laporan Prakerin ini masih jauh dari
sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat kami
harapkan dari pembaca maupun penyimak / pengamat karya tulis ini demi
kesempurnaan laporan Prakerin ini.
Wassalamualaikum
Wr.Wb
Kedunggalar, Mei .2015
Penyusun
MOTTO
·
Pastikan
detikmu itu berguna bagi dirimu, keluargamu dan orang lain.
·
Kegagalan
adalah keberhasilan yang tertunda.
·
Kesalahan
adalah pelajaran untuk menjadi bijak
·
Ilmu
adalah jendela kehidupan
·
Jadikan
kekecewaan masalalu menjadi masa depan yang baik
·
Orang
yang bodoh adalah orang yang meninggalkan keyakinan dirinya sendiri dan mengira
yang dilakukan orang lain lebih berarti
·
Berusaha
itu lebih baik daripada hanya berdiam diri dan hidup bebas
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………...i
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………………i
HALAMAN PERSEMBAHAN ………………………………………………...ii
KATA PENGANTAR…………………………………………………………...iii
MOTTO………………………………………………………………………….iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………………..v
BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………………….
1.1 Latar belakang pelaksanaan prakerin….……………………………………...
1.2 Tujuan praktik kerja industri (prakerin) ……………………………………...
1.3 Tujuan pembuatan laporan……………………………………………………
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………
2.1 Sejarah hypermart …………………………………………………………..
2.2 stuktur organisasi ……………………………………………………………..
BAB III PENUTUP……………………………………………………………
3.1 Kesimpulan …………………………………………………………………...
3.2 saran…………………………………………………………………………...
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………..
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang pelaksanaan prakerin
Praktik kerja industri /
instansi yang telah kami laksanakan sejak 1 februari 2015 sampai tanggal 30
april 2015 bertujuan untuk menambah wawasan siswa-siswi SMK pada umumnya
tentang proses maupun prosedur yang harus dilaksanakan pada saat bekerja dalam
suatu industri/instansi. Dalam adanya praktik kerja industri/instansi ini, akan
menambah pengalaman semua siswa dalam dunia usaha maupun dunia kerja .
Sesuai dengan ketentuan
pemerintah pusat bahwa titik berat pembangunan negara ini terletak pada system
ekonomi / perekonomian serta sumber daya manusia (SDM) yang kita miliki . oleh
karena itu , pelaksanaan prakerin ini
juga mempunyai peran dalam membentuk peserta didik menjadi sumber daya
manusia (SDM) yang berkualitas ,yang siap untuk bekerja dan dapat dijadikan
sebagai aset bangsa yang mampu menciptakan produk unggulan serta mampu
memajukan bangsa dan negara dalam bidang ekonomi pada khususnya.
B.Tujuan praktik kerja industri / instansi
C.Tujuan Pembuatan Laporan
1. Untuk memenuhi persyaratan dalam menepuh
Ujian Akhir Sekolah / Ujian Akhir Nasional ( UAS / UAN
)
2. Agar semua siswa mampu mengolah data-data yang
diperoleh kedalam bentuk
laporan kerja
3. Agar pembaca mengetahui pengalaman penulis saat
melaksanakan Prakerin.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Sejarah Hypermart
Perjalanan Hypermart merintis
langkahnya di Indonesia tak bisa dikatakan singkat. Mulai beroperasi pada 2004,
Hypermart yang kala itu hadir sebagai peritel paling bungsu, mengejar
ketertinggalannya untuk menunjukkan kepada publik: Inilah peritel asli
Indonesia yang lahir dari Bumi Pertiwi dan mampu bersaing dengan peritel asing.
Kini, di usianya yang ke-10 Hypermart ingin menunjukkan bahwa keinginannya menjadi No.1 Multi Format Food Retail di Indonesia bukanlah sebuah mimpi semata. Di usia yang masih muda, Hypermart menjadi hypermarket pertama yang berhasil membuka gerai ke-100 di Indonesia
Kini, di usianya yang ke-10 Hypermart ingin menunjukkan bahwa keinginannya menjadi No.1 Multi Format Food Retail di Indonesia bukanlah sebuah mimpi semata. Di usia yang masih muda, Hypermart menjadi hypermarket pertama yang berhasil membuka gerai ke-100 di Indonesia
Ide besar itu berawal dari toko
kecil bernama Mickey Mouse, lebih dari 50 tahun silam. Dari Matahari, telah
lahir pula Hypermart, hypermarket yang juga lahir dari bumi Indonesia.
Tahun ini Hypermart bersiap-siap
membuka tokonya yang ke-105. Momentum ini sekaligus menjadi refleksi perjalanan
Hypermart di Indonesia: Lahir dengan nama Mickey Mouse dan besar dengan nama Matahari.
Inilah kisahnya:
Matahari
berdiri di bawah bendera PT. Matahari Putra Prima Tbk. Mulai beroperasi sejak
24 Oktober 1958. Toko pertamanya bernama Mickey Mouse, yang didirikan Hari
Darmawan. Toko ini menempati gedung dua lantai seluas sekitar 150 meter persegi
di Pasar Baru, Jakarta. Inilah perusahaan ritel asli pertama di Indonesia
Pada tahun 1972, Matahari berhasil
menjadi pelopor konsep toko serba ada (toserba) di Indonesia. Keberhasilan itu
membuat Matahari optimis untuk mengembangkan sayap dengan membuka Sinar
Matahari di Bogor pada tahun 1980.
Ekspansi bisnis Matahari yang
pertama ditandai dengan mengoperasikan supermarket Super Bazaar pada 14
Juli 1991. Pada tahun 2000, Super Bazaar berganti nama menjadi Matahari
Supermarket. Pada tahun 2002, Matahari memisahkan bisnis inti menjadi bisnis
independen demi kemajuan perusahaan dengan mengembangkan bisnis perusahaan baru
seperti Matahari Supermarket.
Sebagai perusahaan retail pertama
asli dari Indonesia, PT. Matahari Putra Prima Tbk tak ingin visinya menciptakan
suasana belanja yang nyaman dan lengkap hanya sebatas impian. Didukung tenaga
profesional di bidangnya yang berpayung pada visi dan misi yang sama, Matahari
memperluas cakupan bisnisnya kepada pengoperasian supermarket yang dikibarkan dengan
bendera Super Bazaar pada tahun 1991. Lokasi pertamanya bertempat di Pasar Baru
14.
Berkat kerja keras segenap elemennya
berbalut akar budaya perusahaan yang kuat, Super Bazaar berekspansi ke Melawai,
Pasar Senen dan di Lengkong Bandung, Labuan. Kesuksesannya membawa Super Bazaar
berkembang hingga ke kota-kota besar di luar Jakarta.
PT. Matahari Putra Prima Tbk. adalah
sebuah perusahaan ritel di Indonesia yang merupakan pemilik dari jaringan
supermarket Hypermart. Per kuartal pertama tahun 2008, Matahari Putra Prima
sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet
farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia.
- 1958 : Toko pertama in Pasar Baru,Jakarta
- 1972 : Pioneer of Department Store concept in Indonesia
- 1980 : Membuka Toko Pertama outside Jakarta - Sinar Matahari Bogor
- 1988 : Core Business Expansion to Supermarket Operasi.
1st Rights Issue - Rp 75B
- 1992 : IPO at Jakarta Stock Exchange and Surabaya Stock Exchange
- 1996 : Issuance of 5-year US$100 Million Bond & 2nd Rights Issue - Rp 226B
- 1997 : Multipolar became majority shareholder 3rd Rights Issue Rp 902B
- 2000 : Launching Of Matahari Club Card (MCC)
- 2001 : Settlement of 5-year US$ 100 Million Bond
- 2002 :
- New Management Team
- Core Business Restructuring: Matahari Department Store,
- Matahari Supermarket & TimeZone
- Independent and transparent Business Units
- Issuance of 5-year Obligasi I - Rp 450 Billion
- 2003 :
- Consolidation Year
- Closure of Non-profitable stores
- Re-focus to internal infrastructure, resources & company’s Foundation
- 2004 :
- Launch of Hypermart
- Top 500 As-Pac Retail Award: #1- Indonesia
- Issuance of 5-year Obligasi II : Rp 300 B & Syariah I Rp 150 B
- 2005 : Successfull aggressive expansion : 10 Department store,4 Kids2Kids,13 Hypermart,4 Cut Price,1 Matahari Supermarket,First Matahari Dept.Store in China,Top 500 As-Pac Retail Award:#1- Indonesia
Matahari department store adalah
sebuah jaringan toserba yang menjual baju dan bahan pakaian lainnya. 79
jaringan toko ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian jaringan toko
Matahari mempunyai ritel supermarket termasuk toko farmasinya. Matahari adalah
salah satu perusahaan ritel yang terkenal di Indonesia, di samping ritel toko
Mitra Adhiperkasa. Ini karena harganya lebih murah dibanding dengan Sogo atau
Debenhams. Matahari juga menjual bahan bahan yang dijual di toserba lainnya
seperti:
- Kosmetik
- Parfum
- Pakaian wanita
- Pakaian pria
- Pakaian remaja
- Pakaian anak dan bayi
- Pakaian dalam
- Sepatu dan sandal
- Kacamata
- Topi dan pakaian kepala
- Maianan anak dan bayi
- Bahan antik
- Lampu rumah
- Ornamen dan dekorasi rumah
Web store yang dikembangkan PT.Matahari Tbk tak hanya fokus
di Matahari departemen store saja, ada beberapa store berjenis retail lainnya,
antara lain :
- The sun - Department Store
- Hypermart - Hypermarket
- Foodmart - Gentlemen
- Boston Health and Beauty - store pharmacy
- Times - Book Stores
- Timezone - Zona Games
Bisnis Matahari di sektor makanan
bukanlah pekerjaan yang mudah. Saat pertama kali memulai bisnisnya, Matahari
mengalami banyak kerugian karena tidak memiliki pengalaman dan jam terbang
dalam bidang penjualan makanan seperti daging dan buah-buahan segar.
Agar tetap eksis, Matahari
mendatangkan para ahli di bidang makanan segar untuk memberi konsultasi,
membuat sistem dan menata bisnisnya. Beberapa pakar food business retail dari
luar negeri juga turut didatangkan untuk memberikan pelatihan. Dengan ketekunan
dan kerja kerasnya, Matahari semakin mantap mengukuhkan namanya di pasar food
business retail Indonesia.
Prospek peluang bisnis yang positif
di bidang food business membuat Matahari tak ragu melangkah untuk bereksplorasi
mendirikan konsep baru supermarket. Dengan koleksi barang yang lebih lengkap
dan atmosfer berbelanja yang nyaman dan bersahabat, membuat nama Matahari kian
tertanam di benak masyarakat.
Dalam perjalanannya melayani para
pelanggan setianya, nama Super Bazaar berganti menjadi Matahari Supermarket
pada tahun 2000. Kehadiran Matahari Supermarket mendapat sambutan yang sangat
positif dari masyarakat.
Berangkat dari kesuksesannya
tersebut PT Matahari Putra Prima Tbk membangun 3 konsep baru supermarket yang
disesuaikan dengan masing-masing target konsumennya, yaitu Super Ekonomi yang
hadir dengan harga super murahnya. Konsep harga paling murah yang diterapkan
pada Super Ekonomi (SE) pertama kali hadir di Beringharjo, Yogyakarta dan
berkembang hingga ke SE Purwokerto, SE Tanah Mas di Semarang, serta di Depok,
Super Ekonomi pertama yang langsung dikelola oleh PT Super Ekonomi (masih
termasuk dalam keluarga Matahari).
Selang beberapa tahun kemudian
Matahari meluncurkan program Matahari Club Card (MCC) untuk menjalin hubungan
yang lebih erat dengan pelanggannya. Selanjutnya di tahun 2002, Matahari
memisahkan bisnis inti menjadi bisnis independen demi kemajuan perusahaan
dengan mengembangkan bisnis perusahaan baru seperti Matahari Supermarket.
Matahari Supermarket yang membidik
pasar menengah ke atas menawarkan konsep One Stop Shopping melalui 63 gerainya
yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi.
Sedangkan konsep Mega M adalah pionir konsep hypermarket pertama di Indoneia
yang gerai pertamanya berdiri di Pluit dan dilanjutkan ke Lippo Karawaci,
Kedung Badak Bogor, THR Surabaya hingga Batam.
Di tahun 2003, Matahari yang telah
menjadi salah satu pemimpin pasar supermarket di Indonesia memperkenalkan
konsep baru yang didirikan dengan nama Market Place. Toko pertamanya didirikan
di WTC Serpong lalu berlanjut ke Metropolis, Kelapa Gading, Eka Lokasari Bogor
hingga ke Pakuwon Surabaya.
Perwujudan ini merupakan usaha
Matahari untuk meningkatkan reputasinya sebagai market leader serta menawarkan
sebuah konsep berbelanja dalam suasana yang lebih hangat dan bersahabat dengan
koleksi barang yang lebih lengkap dan lebih eksklusif.
Tahun 2004 menjadi sebuah awal bagi
inovasi Matahari yang diimplementasikan melalui pembukaan gerai Hypermart yang
pertama di WTC Serpong. Dengan mengusung konsep belanja “Muraaah Banget”
berbalut suasana yang nyaman, Hypermart sukses berekspansi di hampir seluruh
wilayah Indonesia
Kebutuhan konsumen dalam memenuhi
kebutuhannya sehari-hari semakin membesar. Supermarket saja tak cukup. Perlu
didirikan hypermarket, sebuah konsep belanja dengan koleksi barang yang jauh
lebih lengkap
Matahari memandang bahwa Marketplace
bisa ditingkatkan dari supermarket menjadi hypermarket. Inovasi baru pun
ditawarkan dengan mengganti Marketplace di WTC Serpong menjadi Hypermart,
hypermarket Matahari yang pertama, dioperasikan 22 April 2004.
Kini Hypermart memiliki tantangan
untuk mewujudkan visinya menjadi pemimpin pasar hypermarket pada tahun 2014.
Dengan konsep baru yang memudahkan
konsumen menemukan barang belanjaan primer dan sekunder dalam satu tempat,
Hypermart didesain dengan suasana hangat, menyenangkan dan bersahabat.
Konsep yang dibawa Hypermart
mendapat sambutan positif bagi pelanggan. Tingkat kunjungan terus meningkat.
Hypermart terus dikembangkan. Dalam sembilan tahun terakhir telah berdiri 104
gerai. Akhir tahun 2014 Hypermart bersiap-siap membuka outletnya yang ke-105.
Pembangunan gerai yang begitu cepat
ini menempatkan Hypermart sebagai hypermarket yang tercepat dalam pembangunan
outlet di Indonesia. Kini Hypermart memiliki tantangan untuk mewujudkan visinya
menjadi pemimpin pasar hypermarket pada tahun 2014.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Praktik kerja industri / instansi ( Prakerin ) membuat
siswa SMK pada umumnya mengetahui betapa pentingnya sikap profesionalisme dalam
bekerja. Selain itu mereka juga akan belajar mengenai kedisiplinan, tanggung
jawab, rasa percaya diri, serta keuletan dalam bekerja. Dengan diadakan nya
Prakerin, para siswa akan mendapatkan pengalaman dan wawasan tentang dunia
Usaha / Industri / Instansi. Prakerin juga merupakan suatau ajang atau tempat
untuk menerapkan semua ilmu yang didapatkan dari Bapak / Ibu guru kedalam
kejadian yang nyata ( Dunia Kerja ). Selain itu, kegiatan Prakerin akan dapat
berjalan dengan lancar apabila kita mentaati peraturan yang berlaku serta kita
mampu menciptakan semua bekal dan ilmu yang di berikan Bapak / Ibu guru dngan
benar dan baik.
B.
Saran-Saran
Adapun saran-saran yang dapat kami
kemukakan antara lain sebagai berikut :
1. Tetap menjaga hubungan baik antar pegawai
baik secara horizontal maupun vertical.
2. Tingkatkan kualitas kerja baik di dalam
instansi maupun diluar instansi.
3. Selalu pelihara hubungan baik antara
instansi dan masyarakat.
4. Untuk peserta Prakerin selalu taatilah tata
tertib yang berlaku dan jangan sampai mencoreng nama baik sekolah.
Demikianlah sedikit saran yang dapat kami
kemukakan dalam menyusun laporan ini. Semoga dapat ditingkatkan usaha-usaha
lainnya di masa mendatang yang dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.hypermart.co.id/en/about-hypermart/about/9-about-hypermart
http://id.wikipedia.org/wiki/Matahari_Department_Store
http://id.wikipedia.org/wiki/Plaza_Madiun
DOKUMENTASI
No comments:
Post a Comment