June 12, 2015

contoh laporan prakerin



LAPORAN
HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI/INSTANSI
(PRAKERIN)
DI HYPEMART PLAZA MADIUN
Disusun dan diajukan untuk memenuhi  persyaratan Ujian Akhir Sekolah /Ujian Akhir Nasional (UAS/UAN) SMK PSM 1 KEDUNGGALAR
Tahun Pelajaran 2015/2016
DISUSUN OLEH :
*                   Atika Seftiana             ( XI PM )
*                   Ayu Anita Putri          ( XI PM )
*                   Indri dwi lestari           ( XI PM )
*                   putri Ratna Sari          ( XI PM )

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK PSM 1 KEDUNGGALAR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Jalan Slamet Riyadi no 56 Kedunggalar Ngawi
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan praktik kerja industri/instansi ini telah disetujui dan disahkan oleh guru pembimbing sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian akhir sekolah/ ujian akhir nasional (uas /uan ) tahun pelajaran 2015 /2016 di smk psm 1 kedunggalar pada :
Hari                                         :
Tanggal                                   :
Bulan                                      :
Tahun                                      :
Laporan ini disetujui oleh       :
Store general manager                                                                  Pembimbing
Hypermart plaza Madiun                                                 SMK PSM 1 Kedunggalar



(Rony Hernawan )                                                                (Taufik Mustofa, S.Pd )


Mengetahui
Kepala SMK PSM 1 Kedunggalar



(Yayuk Anik.Nnurhani’ah,S.Pd, M.Hum )

HALAMAN PERSEMBAHAN
         Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat:
1.Ibu Yayuk Anik Nurhani’ah, S.Pd, M.Hum, selaku kepala sekolah SMK PSM 1 Kedunggalar
2.Bapak Rony Hernawan, selaku Store General Manager Hypermart Plaza Madiun
3.Bapak Taufik Mustofa S.Pd, selaku pembimbing SMK PSM 1 Kedunggalar
4.Bapak Philip Sumardi, selaku Departemen Manager Front End
5.Bapak Eko Prasetyo Putra, selaku Departemen Manager Bazar
6.Ibu  Suci Handayani, selaku Departemen Manager Softline
7.Seluruh Staff / Pegawai Hypermart Plaza Madiun yang telah membantu dan membimbing kami di tempat Prakerin
8.Kedua Orang Tua kami yang telah merawat, mensuport, dan membiayai kami dalam melaksanakan Prakerin
9.Semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini, yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu tanpa terkecuali










KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
          Syukur alhamdullilah kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan prakerin ini, yang pelaksanaan dimulai pada tanggal 01 Februari sampai 30 April 2015 di Hypermart Plaza Madiun dengan lancar.
         Laporan Prakerin ini disusun dan diajukan untuk memenuhi persyaratan dalam menempuh Ujian Akhir Semester / Ujian Akhir Nasional (UAS / UAN) di SMK PSM 1 Kedunggalar Tahun Pelajaran 2015 / 2016.
           Laporan ini tidak akan terlaksana sesuai dengan harapan kami, tanpa adanya pengarahan, bimbingan serta bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu kami ucapkan terima kasih.
          Harapan kami semoga laporan Prakerin ini dapat bermanfaat bagi adik-adik maupun kakak-kakak SMK PSM 1 Kedunggalar.Kami menyadari bahwa laporan Prakerin ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat kami harapkan dari pembaca maupun penyimak / pengamat karya tulis ini demi kesempurnaan laporan Prakerin ini.
Wassalamualaikum Wr.Wb

                           Kedunggalar,     Mei .2015


                                                                                         Penyusun



MOTTO
·         Pastikan detikmu itu berguna bagi dirimu, keluargamu dan orang lain.
·         Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.
·         Kesalahan adalah pelajaran untuk menjadi bijak
·         Ilmu adalah jendela kehidupan
·         Jadikan kekecewaan masalalu menjadi masa depan yang baik
·         Orang yang bodoh adalah orang yang meninggalkan keyakinan dirinya sendiri dan mengira yang dilakukan orang lain lebih berarti
·         Berusaha itu lebih baik daripada hanya berdiam diri dan hidup bebas
















                                                          DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………………...i
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………………i
HALAMAN PERSEMBAHAN ………………………………………………...ii
KATA PENGANTAR…………………………………………………………...iii
MOTTO………………………………………………………………………….iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………………..v
BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………………….
1.1    Latar belakang pelaksanaan prakerin….……………………………………...
1.2    Tujuan praktik kerja industri (prakerin) ……………………………………...
1.3    Tujuan pembuatan laporan……………………………………………………
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………
2.1 Sejarah hypermart …………………………………………………………..
2.2 stuktur organisasi ……………………………………………………………..
BAB III PENUTUP……………………………………………………………
3.1 Kesimpulan …………………………………………………………………...
3.2 saran…………………………………………………………………………...
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………..






BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang pelaksanaan prakerin
         Praktik kerja industri / instansi yang telah kami laksanakan sejak 1 februari 2015 sampai tanggal 30 april 2015 bertujuan untuk menambah wawasan siswa-siswi SMK pada umumnya tentang proses maupun prosedur yang harus dilaksanakan pada saat bekerja dalam suatu industri/instansi. Dalam adanya praktik kerja industri/instansi ini, akan menambah pengalaman semua siswa dalam dunia usaha maupun dunia kerja .
        Sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat bahwa titik berat pembangunan negara ini terletak pada system ekonomi / perekonomian serta sumber daya manusia (SDM) yang kita miliki . oleh karena itu , pelaksanaan prakerin ini  juga mempunyai peran dalam membentuk peserta didik menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas ,yang siap untuk bekerja dan dapat dijadikan sebagai aset bangsa yang mampu menciptakan produk unggulan serta mampu memajukan bangsa dan negara dalam bidang ekonomi pada khususnya.
B.Tujuan praktik kerja industri / instansi
C.Tujuan Pembuatan Laporan
1. Untuk memenuhi persyaratan dalam menepuh Ujian Akhir Sekolah /                        Ujian Akhir         Nasional ( UAS / UAN )
2. Agar semua siswa mampu mengolah data-data yang diperoleh kedalam bentuk                     laporan kerja
3. Agar pembaca mengetahui pengalaman penulis saat melaksanakan Prakerin.










BAB II
PEMBAHASAN
A.     Sejarah Hypermart


Perjalanan Hypermart merintis langkahnya di Indonesia tak bisa dikatakan singkat. Mulai beroperasi pada 2004, Hypermart yang kala itu hadir sebagai peritel paling bungsu, mengejar ketertinggalannya untuk menunjukkan kepada publik: Inilah peritel asli Indonesia yang lahir dari Bumi Pertiwi dan mampu bersaing dengan peritel asing.
           Kini, di usianya yang ke-10 Hypermart ingin menunjukkan bahwa keinginannya menjadi No.1 Multi Format Food Retail di Indonesia bukanlah sebuah mimpi semata. Di usia yang masih muda, Hypermart menjadi hypermarket pertama yang berhasil membuka gerai ke-100 di Indonesia
Ide besar itu berawal dari toko kecil bernama Mickey Mouse, lebih dari 50 tahun silam. Dari Matahari, telah lahir pula Hypermart, hypermarket yang juga lahir dari bumi Indonesia.
Tahun ini Hypermart bersiap-siap membuka tokonya yang ke-105. Momentum ini sekaligus menjadi refleksi perjalanan Hypermart di Indonesia: Lahir dengan nama Mickey Mouse dan besar dengan nama Matahari. Inilah kisahnya:
            Matahari berdiri di bawah bendera PT. Matahari Putra Prima Tbk. Mulai beroperasi sejak 24 Oktober 1958. Toko pertamanya bernama Mickey Mouse, yang didirikan Hari Darmawan. Toko ini menempati gedung dua lantai seluas sekitar 150 meter persegi di Pasar Baru, Jakarta. Inilah perusahaan ritel asli pertama di Indonesia
Pada tahun 1972, Matahari berhasil menjadi pelopor konsep toko serba ada (toserba) di Indonesia. Keberhasilan itu membuat Matahari optimis untuk mengembangkan sayap dengan membuka Sinar Matahari di Bogor  pada tahun 1980.
Ekspansi bisnis Matahari yang pertama ditandai dengan mengoperasikan supermarket Super Bazaar  pada 14 Juli 1991. Pada tahun 2000, Super Bazaar berganti nama menjadi Matahari Supermarket. Pada tahun 2002, Matahari memisahkan bisnis inti menjadi bisnis independen demi kemajuan perusahaan dengan mengembangkan bisnis perusahaan baru seperti Matahari Supermarket.
Sebagai perusahaan retail pertama asli dari Indonesia, PT. Matahari Putra Prima Tbk tak ingin visinya menciptakan suasana belanja yang nyaman dan lengkap hanya sebatas impian. Didukung tenaga profesional di bidangnya yang berpayung pada visi dan misi yang sama, Matahari memperluas cakupan bisnisnya kepada pengoperasian supermarket yang dikibarkan dengan bendera Super Bazaar pada tahun 1991. Lokasi pertamanya bertempat di Pasar Baru 14.
Berkat kerja keras segenap elemennya berbalut akar budaya perusahaan yang kuat, Super Bazaar berekspansi ke Melawai, Pasar Senen dan di Lengkong Bandung, Labuan. Kesuksesannya membawa Super Bazaar berkembang hingga ke kota-kota besar di luar Jakarta.
PT. Matahari Putra Prima Tbk. adalah sebuah perusahaan ritel di Indonesia yang merupakan pemilik dari jaringan supermarket Hypermart. Per kuartal pertama tahun 2008, Matahari Putra Prima sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia.

Berikut perjalanan sejarah berkembangnya PT. Matahari Putra Prima Tbk.
  • 1958 : Toko pertama in Pasar Baru,Jakarta
  • 1972 : Pioneer of Department Store concept in Indonesia
  • 1980 : Membuka Toko Pertama outside Jakarta - Sinar Matahari Bogor
  • 1988 : Core Business Expansion to Supermarket Operasi.
1st Rights Issue - Rp 75B
  • 1992 : IPO at Jakarta Stock Exchange and Surabaya Stock Exchange
  • 1996 : Issuance of 5-year US$100 Million Bond & 2nd Rights Issue - Rp 226B
  • 1997 : Multipolar became majority shareholder 3rd Rights Issue Rp 902B
  • 2000 : Launching Of Matahari Club Card (MCC)
  • 2001 : Settlement of 5-year US$ 100 Million Bond
  • 2002 :
    • New Management Team
    • Core Business Restructuring: Matahari Department Store,
    • Matahari Supermarket & TimeZone
    • Independent and transparent Business Units
    • Issuance of 5-year Obligasi I - Rp 450 Billion
  • 2003 :
    • Consolidation Year
    • Closure of Non-profitable stores
    • Re-focus to internal infrastructure, resources & company’s Foundation
  • 2004 :
    • Launch of Hypermart
    • Top 500 As-Pac Retail Award: #1- Indonesia
    • Issuance of 5-year Obligasi II : Rp 300 B & Syariah I Rp 150 B
  • 2005 : Successfull aggressive expansion : 10 Department store,4 Kids2Kids,13 Hypermart,4 Cut Price,1 Matahari Supermarket,First Matahari Dept.Store in China,Top 500 As-Pac Retail Award:#1- Indonesia
Matahari department store adalah sebuah jaringan toserba yang menjual baju dan bahan pakaian lainnya. 79 jaringan toko ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian jaringan toko Matahari mempunyai ritel supermarket termasuk toko farmasinya. Matahari adalah salah satu perusahaan ritel yang terkenal di Indonesia, di samping ritel toko Mitra Adhiperkasa. Ini karena harganya lebih murah dibanding dengan Sogo atau Debenhams. Matahari juga menjual bahan bahan yang dijual di toserba lainnya seperti:
  • Kosmetik
  • Parfum
  • Pakaian wanita
  • Pakaian pria
  • Pakaian remaja
  • Pakaian anak dan bayi
  • Pakaian dalam
  • Sepatu dan sandal
  • Kacamata
  • Topi dan pakaian kepala
  • Maianan anak dan bayi
  • Bahan antik
  • Lampu rumah
  • Ornamen dan dekorasi rumah
Web store yang dikembangkan PT.Matahari Tbk tak hanya fokus di Matahari departemen store saja, ada beberapa store berjenis retail lainnya, antara lain :
  • The sun - Department Store
  • Hypermart - Hypermarket
  • Foodmart - Gentlemen
  • Boston Health and Beauty - store pharmacy
  • Times - Book Stores
  • Timezone - Zona Games
Bisnis Matahari di sektor makanan bukanlah pekerjaan yang mudah. Saat pertama kali memulai bisnisnya, Matahari mengalami banyak kerugian karena tidak memiliki pengalaman dan jam terbang dalam bidang penjualan makanan seperti daging dan buah-buahan segar.
Agar tetap eksis, Matahari mendatangkan  para ahli di bidang makanan segar untuk memberi konsultasi, membuat sistem dan menata bisnisnya. Beberapa pakar food business retail dari luar negeri juga turut didatangkan untuk memberikan pelatihan. Dengan ketekunan dan kerja kerasnya, Matahari semakin mantap mengukuhkan namanya di pasar food business retail Indonesia.
Prospek peluang bisnis yang positif di bidang food business membuat Matahari tak ragu melangkah untuk bereksplorasi mendirikan konsep baru supermarket. Dengan koleksi barang yang lebih lengkap dan atmosfer berbelanja yang nyaman dan bersahabat, membuat nama Matahari kian tertanam di benak masyarakat.
Dalam perjalanannya melayani para pelanggan setianya, nama Super Bazaar berganti menjadi Matahari Supermarket pada tahun 2000. Kehadiran Matahari Supermarket mendapat sambutan yang sangat positif dari masyarakat.
Berangkat dari kesuksesannya tersebut PT Matahari Putra Prima Tbk membangun 3 konsep baru supermarket yang disesuaikan dengan masing-masing target konsumennya, yaitu Super Ekonomi yang hadir dengan harga super murahnya. Konsep harga paling murah yang diterapkan pada Super Ekonomi (SE) pertama kali hadir di Beringharjo, Yogyakarta dan berkembang hingga ke SE Purwokerto, SE Tanah Mas di Semarang, serta di Depok, Super Ekonomi pertama yang langsung dikelola oleh PT Super Ekonomi (masih termasuk dalam keluarga Matahari).
Selang beberapa tahun kemudian Matahari meluncurkan program Matahari Club Card (MCC) untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan pelanggannya. Selanjutnya di tahun 2002, Matahari memisahkan bisnis inti menjadi bisnis independen demi kemajuan perusahaan dengan mengembangkan bisnis perusahaan baru seperti Matahari Supermarket.
Matahari Supermarket yang membidik pasar menengah ke atas menawarkan konsep One Stop Shopping melalui 63 gerainya yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi. Sedangkan konsep Mega M adalah pionir konsep hypermarket pertama di Indoneia yang  gerai pertamanya berdiri di Pluit dan dilanjutkan ke Lippo Karawaci, Kedung Badak Bogor, THR Surabaya hingga Batam.
Di tahun 2003, Matahari yang telah menjadi salah satu pemimpin pasar supermarket di Indonesia memperkenalkan konsep baru yang didirikan dengan nama Market Place. Toko pertamanya didirikan di WTC Serpong lalu berlanjut ke Metropolis, Kelapa Gading, Eka Lokasari Bogor hingga ke Pakuwon Surabaya.
Perwujudan ini merupakan usaha Matahari untuk meningkatkan reputasinya sebagai market leader serta menawarkan sebuah konsep berbelanja dalam suasana yang lebih hangat dan bersahabat dengan koleksi barang yang lebih lengkap dan lebih eksklusif.
Tahun 2004 menjadi sebuah awal bagi inovasi Matahari yang diimplementasikan melalui pembukaan gerai Hypermart yang pertama di WTC Serpong. Dengan mengusung konsep belanja “Muraaah Banget” berbalut suasana yang nyaman, Hypermart sukses berekspansi di hampir seluruh wilayah Indonesia
Kebutuhan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari semakin membesar. Supermarket saja tak cukup. Perlu didirikan hypermarket, sebuah konsep belanja dengan koleksi barang yang jauh lebih lengkap
Matahari memandang bahwa Marketplace bisa ditingkatkan dari supermarket menjadi hypermarket. Inovasi baru pun ditawarkan dengan mengganti Marketplace di WTC Serpong menjadi Hypermart, hypermarket Matahari yang pertama, dioperasikan 22 April 2004.
Kini Hypermart memiliki tantangan untuk mewujudkan visinya menjadi pemimpin pasar hypermarket pada tahun 2014.
Dengan konsep baru yang memudahkan konsumen menemukan barang belanjaan primer dan sekunder dalam satu tempat, Hypermart didesain dengan suasana hangat, menyenangkan dan bersahabat.
Konsep yang dibawa Hypermart mendapat sambutan positif bagi pelanggan. Tingkat kunjungan terus meningkat. Hypermart terus dikembangkan. Dalam sembilan tahun terakhir telah berdiri 104 gerai. Akhir tahun 2014 Hypermart bersiap-siap membuka outletnya yang ke-105.
Pembangunan gerai yang begitu cepat ini menempatkan Hypermart sebagai hypermarket yang tercepat dalam pembangunan outlet di Indonesia. Kini Hypermart memiliki tantangan untuk mewujudkan visinya menjadi pemimpin pasar hypermarket pada tahun 2014.






BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan

Praktik kerja industri / instansi ( Prakerin ) membuat siswa SMK pada umumnya mengetahui betapa pentingnya sikap profesionalisme dalam bekerja. Selain itu mereka juga akan belajar mengenai kedisiplinan, tanggung jawab, rasa percaya diri, serta keuletan dalam bekerja. Dengan diadakan nya Prakerin, para siswa akan mendapatkan pengalaman dan wawasan tentang dunia Usaha / Industri / Instansi. Prakerin juga merupakan suatau ajang atau tempat untuk menerapkan semua ilmu yang didapatkan dari Bapak / Ibu guru kedalam kejadian yang nyata ( Dunia Kerja ). Selain itu, kegiatan Prakerin akan dapat berjalan dengan lancar apabila kita mentaati peraturan yang berlaku serta kita mampu menciptakan semua bekal dan ilmu yang di berikan Bapak / Ibu guru dngan benar dan baik.

B.        Saran-Saran
Adapun saran-saran yang dapat kami kemukakan antara lain sebagai berikut :
1.      Tetap menjaga hubungan baik antar pegawai baik secara horizontal maupun vertical.
2.      Tingkatkan kualitas kerja baik di dalam instansi maupun diluar instansi.
3.      Selalu pelihara hubungan baik antara instansi dan masyarakat.
4.      Untuk peserta Prakerin selalu taatilah tata tertib yang berlaku dan jangan sampai mencoreng nama baik sekolah.

Demikianlah sedikit saran yang dapat kami kemukakan dalam menyusun laporan ini. Semoga dapat ditingkatkan usaha-usaha lainnya di masa mendatang yang dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.









DAFTAR  PUSTAKA

http://www.hypermart.co.id/en/about-hypermart/about/9-about-hypermart

http://id.wikipedia.org/wiki/Matahari_Department_Store

http://id.wikipedia.org/wiki/Plaza_Madiun




























DOKUMENTASI














No comments:

Post a Comment