LAPORAN
HASIL DISKUSI
“KTSP
TIDAK LEBIH BURUK DARI KURIKULUM 2013”
DISUSUN OLEH :
MELINDA
PRATIWI
XI
IPA 3
SMA
NEGERI 1 KEDUNGGALAR
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi allah SWT yang telah
memberikan nikmat Iman dan Islam kepada kita semua, sehingga kita dapat
berkumpul dalam pertemuan yang Insya Allah dimuliakan oleh Nya.
Shalawat dan Salam semoga tetap terlimpah
curah kepada junjunan kita Nabi Muhammad SAW. Kepada para sahabatnya para
Tabi’it Tabi’innya dan semoga kepada kita selaku umatnya mendapatkan syafa’atul
udzma di Yaumil Jaza. Amin
Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak
/Ibu guru yang telah memberikan kami
kesempatan untuk membuat tugas diskusi
yang berjudul “KTSP TIDAK LEBIH BURUK DARI KURIKULUM 2013” Suatu kebanggaan bagi kami yang
telah diberi kepercayaan oleh Bapak/Ibu guru untuk menjelaskan hal tersebut.
Maka dari itu, saya sebagai pihak yang diberkan tugas,
mencoba memaparkan beberapa ilmu yang saya ambil dari beberapa sumber, dalam bentuk karya tulis ini
Kedunggalar,20 Februari 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL 1
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
A. Nama
dan Bentuk Kegiatan 4
B. Waktu
dan Tempat 4
C.
Peserta 4
D.
Materi 4
E.
Hasil 5
F.
Hambatan 6
G.
Cara Mengatasi Hambatan 6
H.
Cara Mengatasi Hambatan 6
A.
Latar
Belakang
Kurikulum adalah perangkat mata
pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga
penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan
kepada peserta pelajaran / siswa dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum
merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa
kurikulum yang sesuai dan tepat, akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran
pendidikan yang diinginkan.
B.
Nama dan Bentuk Kegiatan
Kegiatan
yang dilaksanakan adalah diskusi dengan bentuk kegiatan presentasi tentang KTSP
tidak lebih buruk dari Kurikulum 2013.
C.
Waktu dan Tempat
Diskusi dilaksanakan pada
Hari :
Jumat
Tanggal :
20 Januari 2017
Tempat :
Kelas XI Ipa 3 SMAN 1 Kedunggalar
Waktu : Pukul 09.30 – 11.00
D.
Peserta
Peserta
terdiri dari 1 guru Bahasa Indonesia dan 26 siswa kelas XI Ipa 3.
E.
Materi
1. Pada
Kurikulum 2013, TIK bukanlah mata pelajaran tetapi sarana pembelajaran yang
dipergunakan sebagai pembelajaran bagi mata pelajaran lainnya. Tetapi pada KTSP
mata pelajaran TIK merupakan mata pelajaran tersendiri.
2. Pada
Kurikulum 2013 peminatan dimulai sejak awal masuk SMA dan dalam penjurusan ada
mata pelajaran wajib, peminatan, antar minat dan pendalaman minat. Sedangkan
pada KTSP peminatan dimulai saat kelas 11 sehingga siswa bisa memilih dengan
mempertimbangkan kemampuan mereka.
3. Pada
Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk kreatif, inovatif, aktif dan siap
memecahkan masalah dengan mandiri tetapi sebenarnya pada kenyataannya tingkat
kreatifitas siswa belum merata.
4. Pada
KTSP jumlah jam pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak
dibandingkan dengan Kurikulum 2013 karena pada KTSP guru menerangkan secara
langsung dan siswa akan lebih mudah memahami materi. Tetapi pada Kurikulum 2013
siswa harus menyelesaikan permasalahan yang diberikan secara mandiri sehingga
waktu yang dibutuhkan pun akan lebih panjang.
5. KTSP
juga memberi peluang yang lebih luas kepada sekolah – sekolah untuk
mengembankan kurikulum sesuai dengan kebutuhan.
Sisi
positif KTSP dibandingkan Kurikulum 2013 :
1. Pembelajaran
seimbang
2. Materi
lebih terkonsep
3. Menghargai
potensi anak
4. Menjunjung
kearifan lokal
F.
Hasil
1. Salah
satu dampak positif dari K13 adalah pengurangan jumlah mata pelajaran
2. KTSP
lebih cocok diterapkan di SMAN1KE
3. Bagi
anak yang kurang menguasai materi seharusnya lebih aktif bertanya kepada guru
dan lebih aktif mencari referensi buku
4. Dasar
pemerintah lebih memilih Kurikulum 2013 dari pada KTSP agar siswa lebih
mandiri.
5. Tujuan
KTSP melatih siswa untuk lebih pandai mengungkapkan pendapat, lebih mandiri,
lebih kritis dan kreatif
G. Hambatan
1. Banyak
pertanyaan yang masuk tetapi pemateri sendiri belum menguasai isi materi
sehingga sulit untuk menjawab pertanyaan dari siswa
2. Siswa
kurang memperhatikan materi yang
disampaikan pemateri
H. Cara Mengatasi Hambatan
Seharusnya siswa lebih tenang agar materi bisa disampaikan
dengan baik dan pemateri seharusnya lebih menguasai materinya
No comments:
Post a Comment