September 20, 2017

LAPORAN HASIL DISKUSI “KTSP TIDAK LEBIH BURUK DARI KURIKULUM 2013”


LAPORAN HASIL DISKUSI
“KTSP TIDAK LEBIH BURUK DARI KURIKULUM 2013”


DISUSUN OLEH :
MELINDA PRATIWI


XI IPA 3
SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR


KATA PENGANTAR

Segala puji bagi allah SWT yang telah memberikan nikmat Iman dan Islam kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul dalam pertemuan yang Insya Allah dimuliakan oleh Nya.
Shalawat dan Salam semoga tetap terlimpah curah kepada junjunan kita Nabi Muhammad SAW. Kepada para sahabatnya para Tabi’it Tabi’innya dan semoga kepada kita selaku umatnya mendapatkan syafa’atul udzma di Yaumil Jaza. Amin
Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak /Ibu guru  yang telah memberikan kami kesempatan untuk membuat tugas diskusi  yang berjudul “KTSP TIDAK LEBIH BURUK DARI KURIKULUM 2013” Suatu kebanggaan bagi kami  yang telah diberi kepercayaan oleh Bapak/Ibu guru untuk menjelaskan hal tersebut.
Maka dari itu, saya sebagai pihak yang diberkan tugas, mencoba memaparkan beberapa ilmu yang saya ambil dari beberapa sumber, dalam bentuk karya tulis ini


Kedunggalar,20 Februari 2017



                     Penulis










DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                                                            1
KATA PENGANTAR                                                                                             2
DAFTAR ISI                                                                                                             3
A.    Nama dan Bentuk Kegiatan                                                                  4
B.     Waktu dan Tempat                                                                                              4
C.   Peserta                                                                                                          4
D.   Materi                                                                                                           4
E.    Hasil                                                                                                              5
F.    Hambatan                                                                                                    6
G.   Cara Mengatasi Hambatan                                                                   6
H.   Cara Mengatasi Hambatan                                                                   6













A.   Latar Belakang
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran / siswa dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat, akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan.

B.    Nama dan Bentuk Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan adalah diskusi dengan bentuk kegiatan presentasi tentang KTSP tidak lebih buruk dari Kurikulum 2013.

C.    Waktu dan Tempat
Diskusi dilaksanakan pada
Hari              : Jumat
Tanggal        : 20 Januari 2017
Tempat        : Kelas XI Ipa 3 SMAN 1 Kedunggalar
Waktu         : Pukul 09.30 – 11.00

D.   Peserta
Peserta terdiri dari 1 guru Bahasa Indonesia dan 26 siswa kelas XI Ipa 3.







E.   Materi
1.     Pada Kurikulum 2013, TIK bukanlah mata pelajaran tetapi sarana pembelajaran yang dipergunakan sebagai pembelajaran bagi mata pelajaran lainnya. Tetapi pada KTSP mata pelajaran TIK merupakan mata pelajaran tersendiri.
2.     Pada Kurikulum 2013 peminatan dimulai sejak awal masuk SMA dan dalam penjurusan ada mata pelajaran wajib, peminatan, antar minat dan pendalaman minat. Sedangkan pada KTSP peminatan dimulai saat kelas 11 sehingga siswa bisa memilih dengan mempertimbangkan kemampuan mereka.
3.     Pada Kurikulum 2013 siswa dituntut untuk kreatif, inovatif, aktif dan siap memecahkan masalah dengan mandiri tetapi sebenarnya pada kenyataannya tingkat kreatifitas siswa belum merata.
4.     Pada KTSP jumlah jam pelajaran lebih sedikit dan jumlah mata pelajaran lebih banyak dibandingkan dengan Kurikulum 2013 karena pada KTSP guru menerangkan secara langsung dan siswa akan lebih mudah memahami materi. Tetapi pada Kurikulum 2013 siswa harus menyelesaikan permasalahan yang diberikan secara mandiri sehingga waktu yang dibutuhkan pun akan lebih panjang.
5.     KTSP juga memberi peluang yang lebih luas kepada sekolah – sekolah untuk mengembankan kurikulum sesuai dengan kebutuhan.
Sisi positif KTSP dibandingkan Kurikulum 2013 :
1.     Pembelajaran seimbang
2.     Materi lebih terkonsep
3.     Menghargai potensi anak
4.     Menjunjung kearifan lokal




F.    Hasil
1.     Salah satu dampak positif dari K13 adalah pengurangan jumlah mata pelajaran
2.     KTSP lebih cocok diterapkan di SMAN1KE
3.     Bagi anak yang kurang menguasai materi seharusnya lebih aktif bertanya kepada guru dan lebih aktif mencari referensi buku
4.     Dasar pemerintah lebih memilih Kurikulum 2013 dari pada KTSP agar siswa lebih mandiri.
5.     Tujuan KTSP melatih siswa untuk lebih pandai mengungkapkan pendapat, lebih mandiri, lebih kritis dan kreatif

G.  Hambatan
1.     Banyak pertanyaan yang masuk tetapi pemateri sendiri belum menguasai isi materi sehingga sulit untuk menjawab pertanyaan dari siswa
2.     Siswa  kurang memperhatikan materi yang disampaikan pemateri

H.  Cara Mengatasi Hambatan
Seharusnya siswa  lebih tenang agar materi bisa disampaikan dengan baik dan pemateri seharusnya lebih menguasai materinya


No comments:

Post a Comment