May 19, 2017

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE MADIUN



LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI MATAHARI DEPARTEMENT STORE MADIUN
Disusun untuk memenuhi persyaraan mengikuti
Ujian Akhir Sekolah / Ujian Akhir Nasional (UAS/UAN)
SMK PSM 1 KEDUNGGALAR
Tahun pelajaran 2016/2017

                                                             Disusun oleh :
1.        ATRI APRILIA .A                        7. MILA SARI
2.        AYANG PUTRI M                        8. NUR AFNI  K
3.         DWI PRASETYA N         9. PUPUT PUJI  L
4.         FITRI AYU W                  10. TRI MULYANTO
5.         LANGGENG C                 11. RINDI  YUNITASARI
6.         MILA ROSITA




SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK PSM 1 KEDUNGGALAR
TAHUN  PELAJARAN 2016/2017

HALAMAN PENGESAHAN
Laporan Praktek Kerja Industri/ instansi (PRAKERIN)  yang telah kami buat dan kami selesaikan ini telah mendapat persetujuan dari Guru Pembimbing dan sudah di sahkan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017 di SMK PSM 1 Kedunggalar pada :

Hari                                         :
Tanggal                                   :
Bulan                                       :
Tahun                                      :
Laporan ini disetujui oleh       :

            Pembimbing                                                                   Pembimbing
MATAHARI DEPT STORE                                    SMK PSM 1 KEDUNGGALAR


           ERY JULIANTO                                              TAUFIK MUSTOFA,S.Pd

Mengetahui
           
Manajer MATAHARI DEPT STORE            Kepala SMK PSM 1 KEDUNGGALAR

                                                 
            LILIK SRININGSIH                           CHOLIK CHOIRUL CHUFA,M.Pd



HALAMAN PERSEMBAHAN
Pada kesempatan kali ini, kami mengucapkan banyak terima kasih dan kami persembahkan kepada semua pihak yang turut serta membantu pelaksanaan prakerin dan menyelesaikan penulisan, yakni kepada :
1.      Lilik Srinengsih, Manajer Matahari Dept Store Madiun yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN)
2.      Ery Julianto,selaku Supervisor Matahari Departement Store yang telah mambantu dan membimbing kami serta memperhatikan kami selama PRAKERIN berlangsung
3.      Cholik Choirul Chufa M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK PSM 1 Kedungggalar yang telah membimbing kami baik sebelum, selama,maupun sesudah kami melaksanakan prakerin.
4.      Taufik Mustofa ,S.Pd selaku pembimbing prakerin kami mewakili sekolah yang telah membimbing, menjaga, dan selalu memberikan dukungan dan semangatnya pada kami untuk selalu berhati-hati dan menjaga diri dalam pelaksanaan prakerin
5.      Guru SMK PSM 1 Kedunggalar, yang selalu memberikan dukungannya, baik secara langsung maupun tidak langsung pada kami selama prakerin
6.      Para karyawan/karyawati Toko UD WIJAYA, yang telah membantu dan menerima kami dengan senang hati selama kami melaksanakan prakerin.
7.      Kedua orang tua kami yang setiap waktu dan setiap saat selalu memberikan dukungannya tidak hanya selama kami melaksanakan proses belajar mengajar, tapi juga selama kehidupan keseharian kami.
8.      Teman-teman seperjuangan yang selalu saling mendukung kami dalam suka dan duka selama prakerin
9.      Serta semua pihak terkait yang telah membantu dan mendukung kami baik sebelum, selama, dan sesudah melaksanakan prakerin yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.




MOTTO

v  Janganlah mencari pekerjaan ,melainkan ciptakanlah lapangan pekerjaan.
v  Ingatlah bahwa kesuksesan selalu disertai dengan kegagalan.
v  Selalau berfikir besardan bertindak mulai sekarang.
v  Kita akan selalu sukses jika kita belajar dari kesalahan.
v  Jika tak bisa menjadi pengusaha ,maka harus berusaha.
v  Disiplin waktu kunci keberhasilanmu.
v  Orang yang sukses berawal dari mimpi yang tinggi.
v  Jadikan kegagalan sebagai guru menuju kesuksesan.
v  Berusaha hari ini atau menyesal esok hari .
v  Pengalaman merupakan kunci keberhasilan.























KATA PENGANTAR
           
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami Siswa-Siswi SMK PSM 1 kedunggalar dapat melaksanakan Praktek Kerja Industri (prakrin) di Matahari Departemen Store Madiun dengan selamat sesuai dengan keperluan yang ditentukan oleh Bapak/Ibu Pembimbing Kegiatan Diatas dalam rangka menyusun laporan untuk memenuhi salah satu persyaratan guna mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir (UAN) SMK PSM 1 Kedunggalar Tahun Ajaran 2017/2018.
            Dalam Rangka menulis laporan ini kami tidak lepas dari bimbingan Bapak / Ibu guru. Kami menyadari bahwa pemulisan laporan ini Tidak akan berhasil tanpa dukungan dan bantuan Bapak/Ibu guru beserta teman-teman semua.
Oleh Karena itu Kami mengucapkan terima kasih Kepada :
1.      Bapak Cholik Choirul Chufa, selaku kepala SMK PSM 1 Kedunggalar.
2.      Ibu lilik Srinengsih, Selaku Manager Matahari Departement Store Madiun, yang telah mengizinkan kepada kami untuk Melakukan Prakrin.
3.      Bapak Ery Juliarto, selaku Supervaisor HRD Matahari Departement Store Madiun, yang telah membantu dan membimbing kami serta memperhatikan dan mengawasi kami selama perakrin berlangsung.
4.      Supervaisor dan Koordinator selaku pembimbing pelaksanaan prakrin.
5.      Bapak/Ibu Guru pembimbing prakrin yang telah membantu kami.
6.      Bapak/Ibu wali kelas dan temen-temen semua yang berkenen membantu kami .
7.      Orang tua kami yang telah mendukung kami dalam prakrin.
Atas saran dan kritiknya kami ucapkan terima kasih, semoga laporan ini bermanfaat bagi Siswa –Siswi dan Adik-adik Kelas SMK PSM 1 Kedunggalar dan Masyarakat Umum.

Kedunggalar…………….2017


Penyusun        


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                                                                                                            i
HALAMAN PENGESAHAN                                                                                 ii
HALAMAN PERSEMBAHAN                                                                              iii
MOTTO                                                                                                                     iv
KATA PENGANTAR                                                                                             v
DAFTAR ISI                                                                                                             vi
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar belakang prakerin                                                                                  1
B.     Tujuan PRAKERIN                                                                                       1
C.     Tujuan Pembuatan Laporan                                                                            2
BAB II ISI
A.    Sejarah Matahari Departement Store Madiu                                                  3
B.     Budaya Kerja Matahari                                                                                   3
C.     Visi Matahari Departement Store Madiun                                                      3
BAB III PEMBAHASAN
A.    Standart service                                                                                              5
B.     Struktur Organisasi                                                                                         6
C.     Identitas Perusahaan                                                                                       7
D.    Hari Dan Jam Kerja                                                                                        7
E.     World-world Matahari Departement Store Madiun                                       8
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan                                                                                                     10
B.     Saran                                                                                                               10
C.     penutup                                                                                                           10
LAMPIRAN                                                                                                              1

BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang

                   Pendidikan Kejuruan di Indonesia Telah beberapa berganti nama yang kemudian saat ini disebut Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan SDM yang memiliki Kemampuan, Ketrampilan, dan Keahlian . Lulusan SMK diharapakn dapat mengembangkan diri apabila terjun dalam dunia kerja.
                   Pendidikan SMK itu sendiri bertujuan meningkatakan kemampuan peserta didik untuk dapat mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi, serta menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan sikap profesional.
                   SMK mempunyai dua kelebihan dibandingakn dengan SMA, perata lulusan dari institusi ini dapat mengisi peluang kerja pada dunia usaha/industry, karena terkait dengan satu sertifikat yang dimiliki oleh lulusan melalui uji kemampuan kopetensi . Dengan sertifikat tersebut mereka mempunyai peluang untuk bekerja . Kedua, lulusan SMK dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sepanjang lulusan tersebut memiliki persyaratan baik nilai maupun program studi kejuruan sesuai dengan kriteria yang di persyaratkan .
                   Praktik kerja industri merupakan suatu bentuk pendidikan yang melibatkan peserta didik langsung bekerja di Dunia Usaha/Dunia Industri. Praktik Kerja industry bertujuan agar peserta didik memiliki kopetensi yang sesuai dengan harapan dan tuntunan Dunia Usaha/Dunia Industri, disamping juga agar diperoleh pengalaman kerja sebagai salah satu hal untuk meningkatkan keahlian professional. Praktik kerja industi ini mulai di populerkan pada tahun 1994 melalui Kebijakan Pendidikan sistem Ganda. Hal ini cukup beralasan mengingat Dunia industry memerlukan tenaga kerja yang berkualitas dan ahli di bidangnya untuk mengoprasikan peralatan teknologi canggih.
B.     Tujuan Praktik Kerja Industri (Prakrin)

·           Untuk meningkatkan Kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
·           Meningkatkan dan memperluas pengalaman di bidang pemasaran.
·           Membimbing siswa dalam melaksanakan praktik dasar kejuruan dan praktik keahlian di dunia usaha/industri/instansi.
·           Untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab pada semua.
·           Untuk mengetahui system perdagangan yang baik dan sistematis.

C.Tujuan Pembuatan Laporan
·         Agar siswa memahami , memantapkan , dan mengembangkan pelajaran yang disekolah dan menetapkan di Dunia kerja .
·         Agar Siswa mampu mencari alternative pemecah masalah kejuruan sesuai dengan bidang studi yang dipilih secara luas dan mendalam.
·         Agar siswa dapat mengetahui dan mengikuti secara keseluruhan struktur kerja yang tepat guna.
·         Siswa dapat mengumpulkan semua Hal yang dipraktikan dalam bentuk laporan
·         Agar siswa dapat mengerti dan memahami pentingnya apa yang sudah di ajarkan di prakrin dalam dunia kerja




















BAB II
ISI
A.    Sejarah Matahari Departement Store Madiun
Pada tahun 2000 Berdirilah sebuah supermarket di kota madiun yang berada di Jl.Pahlawan No.38-40 Madiun dan biasa disebut Plaza Madiun . di plaza tersebut terdapat sebuah Departement yang diberi nama Matahari Departemen store Madiun. Matahari Departemen store Madiun  Mulai dibuka dan beroprasi pada tahun 2001 hingga sekarang , Matahari Departement Store Madiun ini dikelola oleh Ibu Lilik Srinengsih.
Karena Terletak di tempat/Lokasi  yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat sehingga Matahari Departement Store Madiun dapat berkembang dengan pesat dan menjadi supermarket kebanggaan konsumen. Dengan  seiring perkembangan Zaman dan berjalannya waktu Matahari Departement Store Madiun Juga menyediakan berbagai perlengkapan , yaitu Pakaian ,Sandal,sepatu,Accessories,dll Mulai dari Balita sampai Dewasa dan ada juga Peralatan Kecantikan Wanita/putri. Ditambah lagi dengan pelayanannya Ynag memuaskan Matahari Departement Store Madiun menjadi Mall dambaan Konsumen . Dan  dengan seiring nya waktu dan juga dukungan dari masyarakat kini Matahari Departement store Dapat Membuka cabang baru tepat nya di kota Madiun juga yang bergabung dengan  Suncity Mall yang mulai dibuka pada tgl 04 mei 2017.
Walaupun banyak terdapat Mall di Kota Madiun tetapi Matahari Departement Store selalu menjadi Mall pilihan konsumen dikarenakan pelayanan dari karyawan karyawati yang baik dan memuaskan . 
B.     Budaya Kerja Matahari
1.      Punya semangat dan Intergritas serta keahlian
2.      Berfikir Positif dan Kreatif
3.      Menghormati dan menghargai diri sendiri serta orang lain
4.      Sopan dan jujur dalam bertindak dan bertutur kata
5.      Disiplin
6.      Berani menyampaikan Usul demi meningkatkan Kinerja
7.      Terus meningkatkan potensi dan terus belajar menjadi yang terbaik.

C.    Visi Matahari Departement Store Madiun
Tujuan Matahari Departement store Madiun Meliputi :
1.      Menyediakan apa yang dibutuhkan konsumen
2.      Dapat diartikan sebuah lapangan kerja
3.      Memberi pelayanan terbaik pada konsumen
4.      Menjalankan Visi Misi Matahari dan selalu sukses.



B.STRUKTUR ORGANISASI MDS MADIUN



MULYATI
(SPVLadies intimate bag acc

TRI AGUNG
(Koordinator)
BUDI
(Koordinator)
HERTIWI
(Koordinator)
SUGENG
(Koordinator)
DHILATRIAS
(Koordinator)
PRISCA RIKA
SPV VM & CSO)
WITAJAM
(SPV Ekspedisi)
TOTOK S
(SPV Man and Home)
DWI MURYANI
(SPV YOUTH)
BISRON AWALDI
(SPV Children)
LIGAR
DAMAYANTI
(SPV Cassier)
ERY JULIANTO
(HRD/DS)
LILIK SUKARLIN
SPV Shoes Beauty
EVA LINDA
(ASSISTEN MANAGER)
LILIK SRINENGSIH
(STORE MANAGER)


BAB III
PEMBAHASAN
A.                Standart service

1.        Tidak menulis atau mencatat stock setelah jam 11 siang (pada hari biasa ) atau setelah jam 10 siank pada (weekand) dan tidak sedang mengobrol dengan rekan nya saat sedang tidak melayani customer aktivitas di counter. Khusus cosmethik tidak Demo Make Up membelakangi customer
2.        Merespon customer yang datang dengan kontak mata senyum ramah dan anggukan kepala max 5 detik, ketika tidak sedang melayani customer atau customer sedang berada di counter sebelah mendatangi dan menyapa customer dengan mendatangi dan menyapa cuatomer dengan kontak mata senyum Ramah/Tulus dan mengucapkan selamat “selamat pagi/siang/sore/malem … Bapak/Ibu/kakak silahkan…” (sesuai culture darerah masing-masing max 20 detik).
3.        Mengali kebutuhan customer yang berhubungan dengan produk, Produk Knowledge, program marketing, dan atau customer spesifik (sizing,colour,peruntukan)
4.        Bila harus mengambil barang baik di area maupun di stock room max 2 menit untuk 2 pcs/pasang , semua produk baik shoes maupun produk lain.
5.        Segera berusaha closing atau menutup penjualan  mis: “Ibu, sepatu hitamnya jadi ? saya buatkan Nota ya…? “ atau dengan perkataan yang lain yang merupakan usaha closing atau menutup penjualan. Setelah closing menanyakan “ Ada tambahan lain nya Pak/Bu/Kak…?” Kepada customer yang membeli, dan mengucapkan “Ada lagi yang bias saya bantu Pak/Bu/Kak…?” kepada customer yang tidak membeli dan mengucapkan “Terima Kasih” saat Customer meninggalkan Counter.

MULYATI
(SPVLadies intimate bag acc

TRI AGUNG
(Koordinator)
BUDI
(Koordinator)
HERTIWI
(Koordinator)
SUGENG
(Koordinator)
DHILATRIAS
(Koordinator)
PRISCA RIKA
SPV VM & CSO)
WITAJAM
(SPV Ekspedisi)
TOTOK S
(SPV Man and Home)
DWI MURYANI
(SPV YOUTH)
BISRON AWALDI
(SPV Children)
LIGAR
DAMAYANTI
(SPV Cassier)
ERY JULIANTO
(HRD/DS)
LILIK SUKARLIN
SPV Shoes Beauty
EVA LINDA
(ASSISTEN MANAGER)
LILIK SRINENGSIH
(STORE MANAGER)
B.STRUKTUR ORGANISASI MDS MADIUN















C.Identitas Perusahaan
 Nama Perusahaan       : MATAHARI DEPARTEMENT STORE MADIUN
 Alamat Perusahaan    :  Jl. Pahlawan No. 30-40 Madiun
Jenis Bidang Usaha     : Jasa Dagang
Nama Pimpinan                       : Lilik Srinengsih
Nama Pembimbing      : Ery Juliarto
D.Hari Dan Jam Kerja
          Dengan memperhatikan undang-undang dan ketentuan yag berlaku waktu kerja di perusahaan di atur sebagai berikut :
Ø  Senin (Krida bakti )
Sift 1 jam 07.00-15.15
Sift 2 jam 13.30-21.30
Ø  Selasa-Kamis
Sift 1 jam 08.15-15.15
Sift2 jam 13.30-21.30
Ø  Jum’at & Sabtu
Sift 1 jam 08.15-16.15
Sift 2 jam 14.00-21.30
Ø  Minggu
Sift 1 jam 08.15-16.15
Sift 2 jam 13.30-21.30
Ø  Tanggal Merah (Hari Libur)
Sift 1 jam 08.45-15.15
Sift 2 jam 14.30-21.30











E.World-world Matahari Departement Store Madiun

            Dengan memperhatikan daya beli dan kebutuhan konsumen, world-world yang ada dibagi menjadi beberapa bagian antara lain sebagai berikut :
1.      Ladies (Pakaian wanita Remaja dan Dewasa)
World ladies terbagi atas beberapa merek antara lain :
·         Annisa
Menyediakan berbagai macam pakaian muslim remaja putrid an wanita dewasa.
·         Conexcioon
Menyediakan baju dan kcelana kerja remaja putrid an wanita dewasa terutama jas dan celana kerja.
·         St.yves
Menyediakan berbagai macam baju dan celana untuk remaja putri dan wanita dewasa yang bias digunakan sehari-hari.
·         Untuk casual, St.yves juga menyediakan pakaian semi formaldan pakaian untuk konsumen yang bertubuh sehat (big) dengan berbagai ukuran.
·         Phenomenal
Menyediakan berbagai model kaos polos maupun bergaris untuk remaja putri maupun wanita dewasa.
2.      Intimete
Menyediakan berbagai kebutuhan pakaian dalam wanita serta juga menyediakan berbagai macam baju tidur serta baju renang remaja putri mauapuan wanita dewasa.
3.      Youth (Pakaian Remaja Pria & putri)
·         Youth Boy
Menyediakan pakaian santai untuk kaum laki-laki dengan merek unggulan dan ternama serta trendy.
·         Youth girl
Menyediakan pakaian santai untuk kaum remaja putri dengan merek unggulan dan ternama serta treandy.
4.      Shoes
Menyediakan Kebutuhan sepatu dan sandal sesuai dengan kebutuhan konsumen seperti : sepatu kerja pria dan wanita, sepatu sekolah , sepatu pesta, sepatu anak-anak , sepatu olahraga serta sandal dengan berbagai macam model dan merek unggulan ternama dan treandy.
5.      Bag ( Tas & Dompet )
Menyediakan Kebutuhan tas wanita sesuai dengan kebutuhan konsumen seperti : Dompet pesta dan casuel, tas sekolah ( Wanita), Dengan berbagai macam model dan merek unggulan dan treandy.
6.      Beauty dan Accessories
Beauty             :Menyediakan berbagai macam kosmetik sesuai keperlu wanita                                 dengan berbagai merek ternama.
Accessories     :Menyediakan berbagai macam Keperluan Kecantiakan guna                                    menunjang Penampilan
7.       Children and Toys
Menyediakan berbagai macam pakaian dan mainan anak-anak dengan berbagai macam usia dengan merek unggulan dan ternama.
8.      Man and Home
Man                 : Menyediakan berbagai macam pakaian kerja untuk remaja                            pria dan pria dewasa serta menyediakan baju santai maupun                                    casual lainnya.
Home              : Menyediakan berbagai tas sesuai kebutuhan Konsumen.    
                                      Seperti : Koper,tas travel,dan tas sekolah serta alat-alat                                             sekolah.


















BAB IV
PENUTUP
A.              Kesimpulan
Setelah selama 3 bulan melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Matahari Departement Store Madiun, Kami menyimpulkan bahwa :
1.        Matahari Departement Setore Madiun merupakan supermarket yang menyediakan berbagai kebutuhan fashion bagi konsumen .
2.        Matahari Departement Store Madiun Menyejahterakan pra karyawan karena merupakan sebuah lapangan kerja .
3.        Matahri Deprtement Store Mdiun Juga Memiliki berbagai cabang di daerah Indonesia.
4.        Para karyawan dan Karyawati di Matahari Departemen Store Madiun memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sopan dan ramah .
5.        Matahari Departement Store Madiun juga memberikan diskon berupa kupon dan potongan harga.
B.                 Pesan/Saran
Demi peningkatan kualitas pelayanan dan pelaksanaan program Praktik Kerja Industri ( Prakerin) oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ada beberapa saran darikami yang mungkin brmanfaat, antara lain :
1.        Saran untuk SMK PSM kedunggalar
-            Semakin berkembangnya bisnis management hendaknya perlu ditingkatkan praktek penjualan , sehingga pada saat mengikuti Pendidikan system Ganda (PSG) siswa lebih lancer dan dapat menyesuaikan diri dengan instalasi tempat Prakrin, Serta Siswa bias lebih Kreatif dan bertanggung jawab.
-            Pembekalan PSG seharusnya ditetapkan pada pemberian materi penjualan dan etika penjualan .
2.        Saran Untuk Siswa Siswi SMK PSM 1 Kedunggalar
-            Rajin-rajinlah belajar dan sesuaikan dengan lingkungan kerja.
-            Jangan terpengaruh dengan ajakan atau omongan teman yang tidak bermanfaat dan berbau negative agar anak sekolah tetap terjaga.
C.                Penutup
Demikian  laporan yang telah kami susun , secara garis besar laporan ini menggambarkan segala aktivitas kami saat menjalankan atau melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Matahari Departement Store Madiun. Dengan menetapkan beberapa metode yaitu : metode obervasi (pengamatan),metode dokumentasi,dan Metode Wawancara.
            Kami menggunakan beberapa metode ini supaya laporan yang kami buat/susun dapat dipercaya dan lebih akurat, Harapan Penulis semoga laporan ini bisa dapat dijadikan pengalaman dan motivasi bagi para pembaca maupun bagi adik-adik kelas kami, sehingga dapat bermanfaat bagi kita semua.















           
           












LAMPIRAN











No comments:

Post a Comment