LAPORAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
MATAHARI DEPARTEMENT STORE MADIUN
Disusun
untuk memenuhi persyaraan mengikuti
Ujian
Akhir Sekolah / Ujian Akhir Nasional (UAS/UAN)
SMK
PSM 1 KEDUNGGALAR
Tahun pelajaran
2016/2017
1.
ATRI APRILIA .A 7. MILA SARI
2.
AYANG PUTRI M 8.
NUR AFNI K
3.
DWI PRASETYA N 9. PUPUT
PUJI L
4.
FITRI AYU W 10. TRI
MULYANTO
5.
LANGGENG C 11.
RINDI YUNITASARI
6.
MILA ROSITA
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN
SMK
PSM 1 KEDUNGGALAR
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan Praktek
Kerja Industri/ instansi (PRAKERIN) yang telah kami buat dan kami
selesaikan ini telah mendapat persetujuan dari Guru Pembimbing dan sudah di
sahkan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah Tahun
Pelajaran 2016/2017 di SMK PSM 1 Kedunggalar pada :
Tanggal :
Bulan :
Tahun :
Laporan ini disetujui oleh :
Pembimbing Pembimbing
MATAHARI DEPT STORE SMK PSM 1 KEDUNGGALAR
ERY JULIANTO TAUFIK MUSTOFA,S.Pd
Mengetahui
Manajer MATAHARI DEPT STORE Kepala SMK PSM 1 KEDUNGGALAR
LILIK SRININGSIH CHOLIK CHOIRUL CHUFA,M.Pd
HALAMAN PERSEMBAHAN
Pada kesempatan
kali ini, kami mengucapkan banyak terima kasih dan kami persembahkan kepada
semua pihak yang turut serta membantu pelaksanaan prakerin dan menyelesaikan
penulisan, yakni kepada :
1. Lilik
Srinengsih, Manajer Matahari Dept
Store Madiun yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan
praktek kerja industri (PRAKERIN)
2.
Ery
Julianto,selaku Supervisor Matahari Departement Store yang telah mambantu dan
membimbing kami serta memperhatikan kami selama PRAKERIN berlangsung
3.
Cholik
Choirul Chufa M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMK PSM 1 Kedungggalar yang telah
membimbing kami baik sebelum, selama,maupun sesudah kami melaksanakan prakerin.
4.
Taufik
Mustofa ,S.Pd selaku pembimbing prakerin kami mewakili sekolah yang telah
membimbing, menjaga, dan selalu memberikan dukungan dan semangatnya pada kami
untuk selalu berhati-hati dan menjaga diri dalam pelaksanaan prakerin
5.
Guru SMK
PSM 1 Kedunggalar, yang selalu memberikan dukungannya, baik secara langsung
maupun tidak langsung pada kami selama prakerin
6.
Para
karyawan/karyawati Toko UD WIJAYA, yang telah membantu dan menerima kami dengan
senang hati selama kami melaksanakan prakerin.
7.
Kedua orang
tua kami yang setiap waktu dan setiap saat selalu memberikan dukungannya tidak
hanya selama kami melaksanakan proses belajar mengajar, tapi juga selama
kehidupan keseharian kami.
8.
Teman-teman
seperjuangan yang selalu saling mendukung kami dalam suka dan duka selama
prakerin
9.
Serta semua
pihak terkait yang telah membantu dan mendukung kami baik sebelum, selama, dan
sesudah melaksanakan prakerin yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.
MOTTO
v Janganlah mencari
pekerjaan ,melainkan ciptakanlah lapangan pekerjaan.
v Ingatlah bahwa
kesuksesan selalu disertai dengan kegagalan.
v Selalau berfikir
besardan bertindak mulai sekarang.
v Kita akan selalu
sukses jika kita belajar dari kesalahan.
v Jika tak bisa menjadi
pengusaha ,maka harus berusaha.
v Disiplin waktu kunci
keberhasilanmu.
v Orang yang sukses
berawal dari mimpi yang tinggi.
v Jadikan kegagalan
sebagai guru menuju kesuksesan.
v Berusaha hari ini atau
menyesal esok hari .
v Pengalaman merupakan
kunci keberhasilan.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya, sehingga kami Siswa-Siswi SMK PSM 1 kedunggalar dapat melaksanakan
Praktek Kerja Industri (prakrin) di Matahari Departemen Store Madiun dengan
selamat sesuai dengan keperluan yang ditentukan oleh Bapak/Ibu Pembimbing
Kegiatan Diatas dalam rangka menyusun laporan untuk memenuhi salah satu
persyaratan guna mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir (UAN) SMK
PSM 1 Kedunggalar Tahun Ajaran 2017/2018.
Dalam Rangka menulis laporan ini
kami tidak lepas dari bimbingan Bapak / Ibu guru. Kami menyadari bahwa
pemulisan laporan ini Tidak akan berhasil tanpa dukungan dan bantuan Bapak/Ibu
guru beserta teman-teman semua.
Oleh
Karena itu Kami mengucapkan terima kasih Kepada :
1.
Bapak
Cholik Choirul Chufa, selaku kepala SMK PSM 1 Kedunggalar.
2.
Ibu
lilik Srinengsih, Selaku Manager Matahari Departement Store Madiun, yang telah
mengizinkan kepada kami untuk Melakukan Prakrin.
3.
Bapak
Ery Juliarto, selaku Supervaisor HRD Matahari Departement Store Madiun, yang
telah membantu dan membimbing kami serta memperhatikan dan mengawasi kami
selama perakrin berlangsung.
4.
Supervaisor
dan Koordinator selaku pembimbing pelaksanaan prakrin.
5.
Bapak/Ibu
Guru pembimbing prakrin yang telah membantu kami.
6.
Bapak/Ibu
wali kelas dan temen-temen semua yang berkenen membantu kami .
7.
Orang
tua kami yang telah mendukung kami dalam prakrin.
Atas saran dan kritiknya kami
ucapkan terima kasih, semoga laporan ini bermanfaat bagi Siswa –Siswi dan
Adik-adik Kelas SMK PSM 1 Kedunggalar dan Masyarakat Umum.
Kedunggalar…………….2017
Penyusun
DAFTAR
ISI
HALAMAN PENGESAHAN ii
HALAMAN PERSEMBAHAN iii
MOTTO iv
KATA PENGANTAR v
DAFTAR ISI vi
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang prakerin 1
B.
Tujuan PRAKERIN 1
C. Tujuan
Pembuatan Laporan 2
BAB II ISI
A. Sejarah Matahari
Departement Store Madiu 3
B. Budaya Kerja Matahari 3
C. Visi Matahari Departement
Store Madiun 3
BAB III
PEMBAHASAN
A.
Standart service 5
B. Struktur
Organisasi 6
C. Identitas Perusahaan 7
D. Hari Dan Jam Kerja 7
E. World-world Matahari
Departement Store Madiun 8
BAB IV PENUTUP
A.
Kesimpulan
10
B.
Saran
10
C.
penutup 10
LAMPIRAN 1
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan Kejuruan di Indonesia
Telah beberapa berganti nama yang kemudian saat ini disebut Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK), SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan
untuk menciptakan SDM yang memiliki Kemampuan, Ketrampilan, dan Keahlian .
Lulusan SMK diharapakn dapat mengembangkan diri apabila terjun dalam dunia
kerja.
Pendidikan SMK itu
sendiri bertujuan meningkatakan kemampuan peserta didik untuk dapat
mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi,
serta menyiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja dan mengembangkan
sikap profesional.
SMK mempunyai dua
kelebihan dibandingakn dengan SMA, perata lulusan dari institusi ini dapat
mengisi peluang kerja pada dunia usaha/industry, karena terkait dengan satu
sertifikat yang dimiliki oleh lulusan melalui uji kemampuan kopetensi . Dengan
sertifikat tersebut mereka mempunyai peluang untuk bekerja . Kedua, lulusan SMK
dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sepanjang lulusan
tersebut memiliki persyaratan baik nilai maupun program studi kejuruan sesuai
dengan kriteria yang di persyaratkan .
Praktik kerja industri merupakan
suatu bentuk pendidikan yang melibatkan peserta didik langsung bekerja di Dunia
Usaha/Dunia Industri. Praktik Kerja industry bertujuan agar peserta didik
memiliki kopetensi yang sesuai dengan harapan dan tuntunan Dunia Usaha/Dunia
Industri, disamping juga agar diperoleh pengalaman kerja sebagai salah satu hal
untuk meningkatkan keahlian professional. Praktik kerja industi ini mulai di
populerkan pada tahun 1994 melalui Kebijakan Pendidikan sistem Ganda. Hal ini
cukup beralasan mengingat Dunia industry memerlukan tenaga kerja yang
berkualitas dan ahli di bidangnya untuk mengoprasikan peralatan teknologi
canggih.
B. Tujuan
Praktik Kerja Industri (Prakrin)
·
Untuk
meningkatkan Kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
·
Meningkatkan
dan memperluas pengalaman di bidang pemasaran.
·
Membimbing
siswa dalam melaksanakan praktik dasar kejuruan dan praktik keahlian di dunia
usaha/industri/instansi.
·
Untuk
menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab pada semua.
·
Untuk
mengetahui system perdagangan yang baik dan sistematis.
C.Tujuan
Pembuatan Laporan
·
Agar
siswa memahami , memantapkan , dan mengembangkan pelajaran yang disekolah dan
menetapkan di Dunia kerja .
·
Agar
Siswa mampu mencari alternative pemecah masalah kejuruan sesuai dengan bidang
studi yang dipilih secara luas dan mendalam.
·
Agar
siswa dapat mengetahui dan mengikuti secara keseluruhan struktur kerja yang
tepat guna.
·
Siswa
dapat mengumpulkan semua Hal yang dipraktikan dalam bentuk laporan
·
Agar
siswa dapat mengerti dan memahami pentingnya apa yang sudah di ajarkan di
prakrin dalam dunia kerja
BAB II
ISI
A. Sejarah
Matahari Departement Store Madiun
Pada tahun
2000 Berdirilah sebuah supermarket di kota madiun yang berada di Jl.Pahlawan
No.38-40 Madiun dan biasa disebut Plaza Madiun . di plaza tersebut terdapat
sebuah Departement yang diberi nama Matahari Departemen store Madiun. Matahari
Departemen store Madiun Mulai dibuka dan
beroprasi pada tahun 2001 hingga sekarang , Matahari Departement Store Madiun
ini dikelola oleh Ibu Lilik Srinengsih.
Karena
Terletak di tempat/Lokasi yang strategis
dan mudah dijangkau oleh masyarakat sehingga Matahari Departement Store Madiun
dapat berkembang dengan pesat dan menjadi supermarket kebanggaan konsumen. Dengan
seiring perkembangan Zaman dan
berjalannya waktu Matahari Departement Store Madiun Juga menyediakan berbagai
perlengkapan , yaitu Pakaian ,Sandal,sepatu,Accessories,dll Mulai dari Balita
sampai Dewasa dan ada juga Peralatan Kecantikan Wanita/putri. Ditambah lagi
dengan pelayanannya Ynag memuaskan Matahari Departement Store Madiun menjadi
Mall dambaan Konsumen . Dan dengan seiring
nya waktu dan juga dukungan dari masyarakat kini Matahari Departement store
Dapat Membuka cabang baru tepat nya di kota Madiun juga yang bergabung dengan Suncity Mall yang mulai dibuka pada tgl 04
mei 2017.
Walaupun
banyak terdapat Mall di Kota Madiun tetapi Matahari Departement Store selalu
menjadi Mall pilihan konsumen dikarenakan pelayanan dari karyawan karyawati
yang baik dan memuaskan .
B. Budaya
Kerja Matahari
1.
Punya
semangat dan Intergritas serta keahlian
2.
Berfikir
Positif dan Kreatif
3.
Menghormati
dan menghargai diri sendiri serta orang lain
4.
Sopan
dan jujur dalam bertindak dan bertutur kata
5.
Disiplin
6.
Berani
menyampaikan Usul demi meningkatkan Kinerja
7.
Terus
meningkatkan potensi dan terus belajar menjadi yang terbaik.
C. Visi Matahari Departement
Store Madiun
Tujuan Matahari
Departement store Madiun Meliputi :
1.
Menyediakan
apa yang dibutuhkan konsumen
2.
Dapat
diartikan sebuah lapangan kerja
3.
Memberi
pelayanan terbaik pada konsumen
4.
Menjalankan
Visi Misi Matahari dan selalu sukses.
MULYATI
(SPVLadies intimate bag acc
|
TRI AGUNG
(Koordinator)
|
BUDI
(Koordinator)
|
HERTIWI
(Koordinator)
|
SUGENG
(Koordinator)
|
DHILATRIAS
(Koordinator)
|
PRISCA RIKA
SPV VM & CSO)
|
WITAJAM
(SPV Ekspedisi)
|
TOTOK S
(SPV Man and Home)
|
DWI MURYANI
(SPV YOUTH)
|
BISRON AWALDI
(SPV Children)
|
LIGAR
DAMAYANTI
(SPV Cassier)
|
ERY JULIANTO
(HRD/DS)
|
LILIK SUKARLIN
SPV Shoes Beauty
|
EVA LINDA
(ASSISTEN MANAGER)
|
LILIK SRINENGSIH
(STORE MANAGER)
|
BAB
III
PEMBAHASAN
A.
Standart
service
1.
Tidak
menulis atau mencatat stock setelah jam 11 siang (pada hari biasa ) atau
setelah jam 10 siank pada (weekand) dan tidak sedang mengobrol dengan rekan nya
saat sedang tidak melayani customer aktivitas di counter. Khusus cosmethik
tidak Demo Make Up membelakangi customer
2.
Merespon
customer yang datang dengan kontak mata senyum ramah dan anggukan kepala max 5
detik, ketika tidak sedang melayani customer atau customer sedang berada di
counter sebelah mendatangi dan menyapa customer dengan mendatangi dan menyapa
cuatomer dengan kontak mata senyum Ramah/Tulus dan mengucapkan selamat “selamat
pagi/siang/sore/malem … Bapak/Ibu/kakak silahkan…” (sesuai culture darerah
masing-masing max 20 detik).
3.
Mengali
kebutuhan customer yang berhubungan dengan produk, Produk Knowledge, program
marketing, dan atau customer spesifik (sizing,colour,peruntukan)
4.
Bila
harus mengambil barang baik di area maupun di stock room max 2 menit untuk 2
pcs/pasang , semua produk baik shoes maupun produk lain.
5.
Segera
berusaha closing atau menutup penjualan
mis: “Ibu, sepatu hitamnya jadi ? saya buatkan Nota ya…? “ atau dengan
perkataan yang lain yang merupakan usaha closing atau menutup penjualan.
Setelah closing menanyakan “ Ada tambahan lain nya Pak/Bu/Kak…?” Kepada
customer yang membeli, dan mengucapkan “Ada lagi yang bias saya bantu
Pak/Bu/Kak…?” kepada customer yang tidak membeli dan mengucapkan “Terima Kasih”
saat Customer meninggalkan Counter.
MULYATI
(SPVLadies intimate bag acc
|
TRI AGUNG
(Koordinator)
|
BUDI
(Koordinator)
|
HERTIWI
(Koordinator)
|
SUGENG
(Koordinator)
|
DHILATRIAS
(Koordinator)
|
PRISCA RIKA
SPV VM & CSO)
|
WITAJAM
(SPV Ekspedisi)
|
TOTOK S
(SPV Man and Home)
|
DWI MURYANI
(SPV YOUTH)
|
BISRON AWALDI
(SPV Children)
|
LIGAR
DAMAYANTI
(SPV Cassier)
|
ERY JULIANTO
(HRD/DS)
|
LILIK SUKARLIN
SPV Shoes Beauty
|
EVA LINDA
(ASSISTEN MANAGER)
|
LILIK SRINENGSIH
(STORE MANAGER)
|
C.Identitas
Perusahaan
Nama Perusahaan : MATAHARI DEPARTEMENT STORE MADIUN
Alamat Perusahaan : Jl. Pahlawan No. 30-40
Madiun
Jenis
Bidang Usaha : Jasa Dagang
Nama
Pimpinan : Lilik
Srinengsih
Nama
Pembimbing : Ery Juliarto
D.Hari
Dan Jam Kerja
Dengan memperhatikan
undang-undang dan ketentuan yag berlaku waktu kerja di perusahaan di atur
sebagai berikut :
Ø Senin (Krida bakti )
Sift
1 jam 07.00-15.15
Sift
2 jam 13.30-21.30
Ø Selasa-Kamis
Sift
1 jam 08.15-15.15
Sift2
jam 13.30-21.30
Ø Jum’at & Sabtu
Sift
1 jam 08.15-16.15
Sift
2 jam 14.00-21.30
Ø Minggu
Sift
1 jam 08.15-16.15
Sift
2 jam 13.30-21.30
Ø Tanggal Merah (Hari
Libur)
Sift
1 jam 08.45-15.15
Sift
2 jam 14.30-21.30
E.World-world
Matahari Departement Store Madiun
Dengan memperhatikan daya beli dan
kebutuhan konsumen, world-world yang ada dibagi menjadi beberapa bagian antara
lain sebagai berikut :
1. Ladies
(Pakaian wanita Remaja dan Dewasa)
World
ladies terbagi atas beberapa merek antara lain :
·
Annisa
Menyediakan berbagai
macam pakaian muslim remaja putrid an wanita dewasa.
·
Conexcioon
Menyediakan baju dan
kcelana kerja remaja putrid an wanita dewasa terutama jas dan celana kerja.
·
St.yves
Menyediakan berbagai
macam baju dan celana untuk remaja putri dan wanita dewasa yang bias digunakan
sehari-hari.
·
Untuk
casual, St.yves juga menyediakan pakaian semi formaldan pakaian untuk konsumen
yang bertubuh sehat (big) dengan berbagai ukuran.
·
Phenomenal
Menyediakan berbagai
model kaos polos maupun bergaris untuk remaja putri maupun wanita dewasa.
2. Intimete
Menyediakan berbagai
kebutuhan pakaian dalam wanita serta juga menyediakan berbagai macam baju tidur
serta baju renang remaja putri mauapuan wanita dewasa.
3. Youth
(Pakaian Remaja Pria & putri)
·
Youth
Boy
Menyediakan pakaian
santai untuk kaum laki-laki dengan merek unggulan dan ternama serta trendy.
·
Youth
girl
Menyediakan pakaian
santai untuk kaum remaja putri dengan merek unggulan dan ternama serta treandy.
4. Shoes
Menyediakan Kebutuhan sepatu dan
sandal sesuai dengan kebutuhan konsumen seperti : sepatu kerja pria dan wanita,
sepatu sekolah , sepatu pesta, sepatu anak-anak , sepatu olahraga serta sandal
dengan berbagai macam model dan merek unggulan ternama dan treandy.
5. Bag
( Tas & Dompet )
Menyediakan Kebutuhan tas wanita
sesuai dengan kebutuhan konsumen seperti : Dompet pesta dan casuel, tas sekolah
( Wanita), Dengan berbagai macam model dan merek unggulan dan treandy.
6. Beauty
dan Accessories
Beauty :Menyediakan berbagai macam
kosmetik sesuai keperlu wanita dengan berbagai merek
ternama.
Accessories :Menyediakan berbagai macam Keperluan
Kecantiakan guna menunjang Penampilan
7. Children and Toys
Menyediakan
berbagai macam pakaian dan mainan anak-anak dengan berbagai macam usia dengan
merek unggulan dan ternama.
8. Man
and Home
Man : Menyediakan berbagai macam
pakaian kerja untuk remaja pria dan pria dewasa serta menyediakan baju santai
maupun casual lainnya.
Home : Menyediakan berbagai
tas sesuai kebutuhan Konsumen.
Seperti : Koper,tas
travel,dan tas sekolah serta alat-alat sekolah.
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Setelah
selama 3 bulan melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Matahari
Departement Store Madiun, Kami menyimpulkan bahwa :
1.
Matahari
Departement Setore Madiun merupakan supermarket yang menyediakan berbagai
kebutuhan fashion bagi konsumen .
2.
Matahari
Departement Store Madiun Menyejahterakan pra karyawan karena merupakan sebuah
lapangan kerja .
3.
Matahri
Deprtement Store Mdiun Juga Memiliki berbagai cabang di daerah Indonesia.
4.
Para
karyawan dan Karyawati di Matahari Departemen Store Madiun memberikan pelayanan
kepada masyarakat dengan sopan dan ramah .
5.
Matahari
Departement Store Madiun juga memberikan diskon berupa kupon dan potongan
harga.
B.
Pesan/Saran
Demi peningkatan
kualitas pelayanan dan pelaksanaan program Praktik Kerja Industri ( Prakerin)
oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ada beberapa saran darikami yang mungkin
brmanfaat, antara lain :
1.
Saran
untuk SMK PSM kedunggalar
-
Semakin
berkembangnya bisnis management hendaknya perlu ditingkatkan praktek penjualan
, sehingga pada saat mengikuti Pendidikan system Ganda (PSG) siswa lebih lancer
dan dapat menyesuaikan diri dengan instalasi tempat Prakrin, Serta Siswa bias
lebih Kreatif dan bertanggung jawab.
-
Pembekalan
PSG seharusnya ditetapkan pada pemberian materi penjualan dan etika penjualan .
2.
Saran
Untuk Siswa Siswi SMK PSM 1 Kedunggalar
-
Rajin-rajinlah
belajar dan sesuaikan dengan lingkungan kerja.
-
Jangan
terpengaruh dengan ajakan atau omongan teman yang tidak bermanfaat dan berbau
negative agar anak sekolah tetap terjaga.
C.
Penutup
Demikian laporan yang telah kami susun , secara garis
besar laporan ini menggambarkan segala aktivitas kami saat menjalankan atau
melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Matahari Departement Store
Madiun. Dengan menetapkan beberapa metode yaitu : metode obervasi
(pengamatan),metode dokumentasi,dan Metode Wawancara.
Kami menggunakan beberapa metode ini
supaya laporan yang kami buat/susun dapat dipercaya dan lebih akurat, Harapan
Penulis semoga laporan ini bisa dapat dijadikan pengalaman dan motivasi bagi
para pembaca maupun bagi adik-adik kelas kami, sehingga dapat bermanfaat bagi
kita semua.
LAMPIRAN
No comments:
Post a Comment